Pengaruh motivasi dan kompetensi terhadap kinerja dosen tetap di sekolah tinggi pariwisata bali internasional denpasar
Abstract
Kualitas akademik sebuah perguruan tinggi tidak lepas dari keberhasilannya menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Perguruan Tinggi dituntut untuk terus mengembangkan tiga keunggulan, yaitu keunggulan dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat terkait pemanfaatan dan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efek motivasi dan kompetensi terhadap kinerja dosen tetap. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 63 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik sensus, yaitu teknik pengambilan sampel yang dilakukan pada tujuan dan pertimbangan tertentu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Dalam analisis beberapa regresi linear yang diperoleh persamaan adalah Y = 4.048 + 0.204X1 + 0.238X2. Selain itu juga terbukti bahwa pengaruh motivasi terhadap kinerja Dosen Tetap di Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional merupakan efek positif dan signifikan, yang dibuktikan dengan adanya nilai probabilitas kurang dari 0,05 yaitu 0,04. Sedangkan pengaruh kompetensi terhadap kinerja Dosen Tetap di Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional menunjukkan efek positif dan signifikan, yang dibuktikan dengan adanya nilai probabilitas yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,008. Untuk pengaruh motivasi dan kompetensi terhadap kinerja dosen tetap di Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional sebesar 39,9%.
References
Algifari. 2000. Analisis Teori Regresi: Teori Kasus dan Solusi. BPFE: Yogyakarta.
Agustina, 2012. Pengaruh Persepsi Dukungan Organisasi (Perceived Organizational Support) Terhadap Kinerja Dosen Melalui Motivasi Kerja (Studi Pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STIE Palangka Raya),Jurnal Sains Manajemen
Depdiknas. 2003. Data Kelayakan Mengajar Guru. Jakarta: Depdiknas.
Fu'ad, E. N., 2015. Pengaruh Iklim Organisasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nahdlatul Ulama (STIENU) Jepara. Jurnal Sains Manajemen, 1(1), pp. 49-71.
Fahmi, (2014). Perilaku Organisasi: Teori, Aplikasi, dan Kasus. Penerbit Alfabeta, Bandung.
Hakim, L., 2011. Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Dosen STIE Totalwin Semarang. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan, 2(2), pp. 27-37.
I'tidal, M. & Jam'al, A., 2016. Pengaruh Antara Kompetensi, Kompensasi, Motivasi Kerja dan Pendidikan Terhadap Terhadap Kinerja Dosen di STIMIK AKBA Makasar. Jurnal Competitiveness, 10(2), pp. 16-30.
Kholik, A., 2016. Pengaruh Kompetensi Dosen dan Kepuasan Kerja Dosen Terhadap Kinerja Dosen di Universitas Djuanda Bogor, Surakarta: Pascasarjana Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta.
Kusumawijaya, I. K., 2014. Upaya Meningkatkan Produktivitas Kerja dengan Pelatihan dan Motivasi Kerja pada Kelompok Tani Tanaman Hias Gunasari Desa Petiga, Tabanan. Jurnal Manajemen dan Akuntansi STIE Triatma Mulya , 20(2), pp. 195-208.
Manik, S. & Nova, S., 2018. Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Riau. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis , 15(1), pp. 1-11.
Martinis, (2006). Profesionalisasi Guru dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press
Mulyasa, (2012) “Kurikulum Yang Disempurnakan Pengembangan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar”,
Nur'aeni, 2011. Pengaruh Motivasi, Kompetensi dan Komitmen Terhadap Kinerja Dosen Perguruan Tinggi Swasta di Kopertis Wilayah II Palembang. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1(2), pp. 101-129.
Pramudyo, A., 2010. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Dosen Negeri Dipekerjakan pada Kopertis Wilayah V Yogyakarta. JBTI, 1(1), pp. 1-11.
Presiden Republik Indonesia , 2012. Undang Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi , Jakarta: Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia.
Prawirosentono, (2011). Kinerja. Bandung: Alfabeta.
Rahayu, Y., 2013. Pengaruh Motivasi dan Kompetensi terhadap Kinerja Dosen Tidak Tetap/Luar Biasa di Perguruan Tinggi Swasta Kota Sukabumi. Sukabumi, kampus BSI Kalimalang, pp. 65-76.
Rina, 2017., Pengaruh Kompetensi, Budaya Organisasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Dosen Perguruan Tinggi Swasta di Kota Makasar. Jurnal Riset Edisi XIX, 3(008), pp. 88-100.
Rivai, 2010., Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik.Jakarta : PT. Raja Grafindo.
Sudjana, N., 2002. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. 1st ed. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sufianti, & Permana., 2015. Pengaruh Motivasi Kerja dan Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Dosen di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. Jurnal Administrasi Pendidikan , 22(1), pp. 14-25.
Sugiyono,2017, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Edisi ke 26.Alfabeta.Bandung
Sutrisno, (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
Suparlan. (2006). Guru Sebagai Profesi. Yogyakarta: Hikayat Publishing
Taruno, F. S. C. d., 2012. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Dosen Dengan Kepuasan Kerja Dan Motivasi Kerja Sebagai Mediator (Studi Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Jayapura. Jurnal Aplikasi Manajemen, 10(3), pp. 1693-5241.Use the "Insert Citation" button to add citations to this document.
Undang-Undang Republik Indonesia No.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Tri Dharma Perguruan Tinggi
Copyright (c) 2021 Ni Made Christina Gariyasa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)