Analisis faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan pada hotel bakung sari kuta badung
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan pada Hotel Bakung Sari Kuta, Badung. Responden dalam penelitian ini sebanyak 64 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis faktor. Hasil analisis diperoleh bahwa seluruh indikator yang terdapat dalam penelitian ini mampu membentuk faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan pada Hotel Bakung Sari Kuta, Badung. Motivasi berupa dukungan dari pemimpin kepada karyawan dapat meningkatkan kinerja karyawan yang merupakan variabel yang mewakili faktor motivasi dengan loading factor sebesar 0,835. Besarnya gaji/upah yang diterima sudah dapat memenuhi kebutuhan pokok karyawan memiliki loading factor tertinggi yang mewakili faktor kompensasi yaitu sebesar 0,931. Pewarnaan, penataan ruang kerja, posisi kursi, meja, lemari dan peralatan lain teratur rapi yang mewakili faktor lingkungan kerja memiliki loading factor sebesar 0,885. Faktor yang berpengaruh dominan adalah faktor kompensasi dengan nilai extraction sums of squared loadings sebesar 84,919 persen. Maka dari itu, untuk mencapai kinerja karyawan yang baik demi terciptanya tujuan perusahaan dan khusus untuk variabel kompensasi yang lebih dominan mempengaruhi kinerja karyawan disarankan agar motivasi, kompensasi dan lingkungan kerja menjadi prioritas perhatian di Hotel Bakung Sari Kuta, Badung
References
Arikuntoro, Suharsini. 2002. Prosedur Penerimaan Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta
Brahmasari, Ida Ayu dan Agus Suprayetno. 2008. Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan serta Dampaknya pada Kinerja Perusahaan. Vol. 10. No. 2.
Fakultas Ekonomi Universitas Udayana. 2010. Buku Pedoman Penulisan Usulan.Penelitian, Skripsi dan Mekanisme Pengujian. Denpasar: FE Unud.
Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponogoro.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponogoro.
Gronroos. 2010. A Service Quality Model And Its Marketing Implacation. European Jurnal Of Marketing. Vol 18, No.4.
Hanaysha, Jalal. 2016. Testing The Effect Of Good Quality, Price Fairness, And Phisical Environment On Customer Satisfaction In Fast Food Restaurant Industry. 6 (2): pp.31-40.
Hidayat, Irfan. 2017. Pengaruh Pelayanan Pramusaji Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Restoran Narendra The Sunan Hotel Solo. Jurnal Ilmu Manajemen. 5 (2): pp. 20-22.
Istijanto. 2010. Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Kaler, I Gusti Ketut. 1994. Butir-Butir Tercecer Tentang Adat Bali. Denpasar: Kayu Mas Agung.
Kotler, Philip. 2003. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Gramedia.
Kotler dan Armstrong. 2004. Prinsip-prinsip Pemasaran. Ahli Bahasa oleh Wisnu Chandra Kristiaji. Jilid 2. Edisi Kedelapan Jakarta: Erlangga.
Kotler. 2012. “Pengertian Pelayanan dan Kualitas Pelayanan”. http://semuapengertian31.blogspot.com/2016/04/pengertian-pelayanan-dan-kualitas.html, diakses pada Maret 2020 pukul 15.00.
Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Dua. Jakarta: Salemba Empat.
Magdalena, Maria. 2019. Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Blend Coffee Padang. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 5 (1): pp. 1-20.
Marsum, A.W. 2005. Restoran Dan Segala Permasalahannya. Yogyakarta: Andi.
Pantiyasa, I Wayan. 2013. Metode Penelitian. Yogyakarta: CV Andi OFFSET
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis. Badung: Alfabeta
Sukamdino. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Semarang: Erlangga
Wirawan. 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat
Copyright (c) 2021 Ni Wayan Mega Sari Apri Yani, Ni Made Rinayanthi, Putu Dian Yuliani Paramita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)