Nilai kearifan lokal bali pada karyawan hotel di kabupaten badung
Abstract
Penelitian tentang sumber daya manusia pariwisata ini berjudul Nilai Kearifan Lokal Bali pada Karyawan Hotel di Kabupaten Badung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan di daerah tujuan wisata di Bali yaitu daerah Badung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket, dan studi kepustakaan. Periode penelitian akan dilaksanakan pada bulan Juni 2020 – Desember 2020. Adapun subjek penelitian yang ditentukan adalah sejumlah 100 karyawan hotel di Kabupaten Badung. Kabupaten Badung dipilih sebagai lokasi penelitian dengan beberapa pertimbangan: 1) Badung merupakan kabupaten yang paling pesat pertumbuhan pariwisatanya di Bali, 2) Pertumbuhan jumlah hotel di daerah ini relative pesat, 3) Budaya yang dimiliki karyawan hotel di Kabupaten Badung perlu dianalisis untuk pengembangan produk (pelayanan). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori nilai budaya dari Hofstede. Angket (kuesioner) yang digunakan merujuk kepada VSM (Value Survey Mudule) yang dikembangkan oleh Hofstede. Mengingat provinsi Bali mengandalkan sektor pariwisata untuk penghasilan utama daerahnya, maka penelitian ini penting dilakukan karena sumber daya manusia merupakan komponen yang penting dalam sebuah pelayanan. Penelitian ini menghasilkan beberapa informasi tentang nilai kearifan lokal pada karyawan hotel di Kabupaten Badung.
References
ARTINI, N. A. (2007). PERANAN DESA ADAT DALAM PENGELOLAAN KEPARIWISATAAN (STUDI KASUS DI DESA ADAT SEMINYAK, KECAMATAN KUTA, KABUPATEN BADUNG). SOCA: Socioeconomics of Agriculture and Agribusiness, 7.
Astiti, Putra Tjok Istri. 2010. Desa Adat Menggugat Dan Digugat. Denpasar: Udayana University Press.
Bearden, W. O. (2006). Multidimensional versus unidimensional measures in assessing national culture values: The Hofstede VSM 94 example. Journal of Business Research, 59.
Benny H. Hoed. 2008. Semiotik dan Dinamika Sosial Budaya. Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB).
BERRY, J. W. (2019). Culture and cognition: Readings in cross-cultural psychology.
Berry, John W., Segall, Marshall H., 7 & Kagitcibasi, Cigdem. 1997. Handbook of Cross Cultural Psychology: Social Behavior and Applications (2nd Ed). USA: Allyn & Bacon.
Brata, Y. R. (2020). DINAMIKA BUDAYA DAN SOSIAL DALAM PERADABAN MASYARAKAT SUNDA DILIHAT DARI PERSPEKTIF SEJARAH. Jurnal Artefak, 7.
Chaudhary, N. (2018). Cross-Cultural Psychology as a Solution to Global Inequality: Optimism, Overconfidence, or Naiveté?: A commentary on “The Positive Role of Culture: What Cross-Cultural Psychology Has to Offer to Developmental Aid Effectiveness Research” by Symen A. Brouwe. Journal of Cross-Cultural Psychology, 49.
Creswell, J. W. (1990). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Mycological Research, 94.
Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset (memilih diantara lima pendekatan). Penelitian Kualitatif.
Englund, R. (1992). Cross-cultural management communication by Richard Mead. New York. Journal of Product Innovation Management, 9.
Evans, N. C. (2012). Strategic management for travel and tourism.
Gorda, I Gusti Ngurah. 1997. Metodologi Penelitian Sosial Ekonomi. Denpasar: Widya Kriya Gematama.
Hofstede, G. (1080). Culture and Organizations. International Studies of Management & Organization, 10.
Hofstede, G. G. (2010). Comparing regional cultures within a country: Lessons from Brazil. Journal of Cross-Cultural Psychology, 41.
https://bali.bps.go.id/statictable/2018/02/09/21/jumlah-wisatawan-asing-ke-bali-menurut-bulan-1982-2019.html diakses pada tanggal (5 Juni 2020)
Huang, S. (. (2019). Relationships between Hofstede's cultural dimensions and tourist satisfaction: A cross-country cross-sample examination. Tourism Management, 72.
Kartika, N. G. (2019). Hubungan Timbal Balik Antar Desa Adat dan Pariwisata. PARIWISATA BUDAYA: JURNAL ILMIAH AGAMA DAN BUDAYA, 4.
Kieser, A. (1994). Cultures and Organizations. Software of the Mind. Organization Studies, 15.
Mintu, A. T. (2004). Geert Hofstede CULTURES AND ORGANIZATIONS – SOFTWARE OF THE MIND. Crossroads, 23.
Mead, Richard. 1990. Cross Cultural Management Communication. England: John Wiley & Sons Ltd.
Nandi, N. (2016). PARIWISATA DAN PENGEMBANGAN SUMBERDAYA MANUSIA. Jurnal Geografi Gea, 8.
Rohaeti, E. E. (2019). PROGRAM PENDAMPINGAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DESA ADAT SENARU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK-ANAK DESA ADAT SENARU. Abdimas Siliwangi, 2.
Sydorchuk, O. K. (2019). Strategic management of a travel company in the conditions of introduction of modern information technologies. Academy of Strategic Management Journal, 18.
Copyright (c) 2021 Made Arya Astina , Komang Shanty Muni Parwati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)