Penerapan kualitas pelayanan pramusaji pada pesisi restoran di the alantara sanur
Abstract
Penelitian ini dilakukan di The Alantara Sanur yang beralamat di Jalan Tirta Ening No. 12, Sanur Kauh, Denpasar, Bali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan kualitas pelayanan pramusaji pada Pesisi Restoran di The Alantara Sanur. Teknik sampling yang digunakan adalah Quota Sampling, dengan sampel yang digunakan yaitu 1 manajer restoran, 2 pramusaji, dan 20 tamu Pesisi Restoran. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner, wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa penerapan kualitas pelayanan yang dilakukan oleh pramusaji Pesisi Restoran dinilai sangat baik oleh tamu berdasarkan kuesioner dengan nilai 4,44 yang dikategorikan sangat baik dan data tersebut didukung oleh hasil wawancara, observasi, dan juga guest comment.
References
Anwar, Prabu Mangkunegara. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Atmodjo, M.W. 2005. Restoran dan Segala Permasalahannya. Yogyakarta: Andi.
Candraswari, Putu Diah. 2019. Pengaruh Pemberian Kompensasi Finansial dan Non Finansial Terhadap Kinerja Karyawan Di Best Western Kuta Villa. Denpasar: Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional (Skripsi).
Dewi, Dewa Ayu Anggistya. 2014. Pengaruh Kompetensi Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Pramusaji Pada Kamaya Restoran Di Kamaya Resort & Villas Ubud. Denpasar: Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional (Skripsi).
Kotler, Philip. 2000. Marketing Management Edisi Milenium. Inc New Jersey: Prentice Hall Intl.
Pantiyasa, I Wayan. 2013. Metodologi Penelitian. Denpasar: STPBI.
Prabawati, Ida Ayu Agung Yulia. 2019. Kualitas Pelayanan Pramusaji Pada Restoran Banyubiru di The Laguna a Luxury Collection Resort and Spa Nusa Dua. Denpasar: Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional (Tugas Akhir).
Purnaya, Dr. I Gusti Ketut. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Denpasar: STPBI
Rymberthus, A.A Andrikus. 2000. Pelaksanaan Standard Operating Procedure di Department Food & Beverage. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Setyadi, I Made Wahyu. 2019. Kualitas Pelayanan Pramusaji di Restoran Arwana The Laguna a Luxury Collection Resort and Spa. Denpasar: Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Intenasional (Tugas Akhir).
Soekresno dan Pendit. 2004. Petunjuk Praktek Pramusaji Food & Beverage Service: Buku Panduan Sekolah Pariwisata dan Perhotelan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Suadnyana, Wayan. 2020. Pantai sanur – Daya Tarik, Aktivitas Liburan Seru & Peta Lokasi. https://www.water-sport-bali.com/pantai-sanur/ (diakses pada 27 Februari 2021).
Tjiptono, F. 1996. Strategi Bisnis Manajemen. Yogyakarta: Andi Offset.
Wardhani, Hanif. 2018. 15 Fakta Unik Tentang Bali Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui. https://www.tripzilla.id/fakta-unik-bali/10243 (diakses pada 27 Februari 2021).
Waryono, 2018. Waiter. http://staf.unp.ac.id/artikel/16-09-2018/waiter (diakses pada 30 Januari 2021
Copyright (c) 2021 Komang Ratih Tunjungsari, Putu Ayu Indra Swari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)