Pembuatan minuman tradisional loloh daun belimbing wuluh sebagai atraksi wisata kuliner alternatif di desa beraban, tabanan – bali

  • setyowati ayu widuri Poltekpar Bali
  • Ni Ketut Arismayanti Politeknik Pariwisata Bali
DOI: https://doi.org/10.22334/jihm.v12i2.208
Abstract views: 97 , pdf downloads: 96
Keywords: traditional drink, loloh

Abstract

Saat ini perkembangan wisata kuliner di Bali sudah mulai banyak di lirik dan menjadi salah satu tujuan orang berwisata ke Bali. Kuliner tradisional Bali selama ini yang terkenal adalah jenis makanan sedangkan untuk minuman belum begitu di ketahui oleh wisatawan padahal minuman tradisional Bali sangat banyak jenis dan ragamnya. Salah satu minuman tradisional Bali adalah Loloh.

Loloh adalah ramuan herbal khas Bali yang bermanfaat bagi kesehatan dan juga sebagai minuman segar pelepas dahaga. Salah satu loloh yang memiliki khasiat kesehatan dan juga melepas dahaga adalah loloh daun belimbing wuluh, daerah penghasil loloh daun belimbing wuluh dengan pengolahan tradisional di Bali berada di Kabupaten Tabanan tepatnya di Desa Beraban, Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan.

Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan obsevasi, wawancara mendalam dan studi kepustakaan. Sedangkan teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian kualitatif berupa teknik perekaman dengan kamera. Penentuan informan dalam penelitian ini dilakukan secara purposive yaitu informan terpercaya. Informan dalam penelitian ini adalah pembuat loloh belimbing wuluh di Desa Beraban, Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan. Teknik analisis data yang di pakai dalam penelitian ini adalah deskriftif kualitatif

Proses pengolahan loloh daun belimbing wuluh ini bisa di jadikan atraksi kuliner alternative di desa Beraban, Tabanan – Bali dengan keunggulan proses pengolahan yang masih di lakukan secara tradisional dan memiliki rasa yang khas serta bermanfaat untuk tubuh. Loloh daun belimbing wuluh ini bisa di promosikan pada wisatawan yang berkunjung ke desa Beraban Tabanan – Bali sebagai salah satu alternative atraksi wisata kuliner yang akan sangat bermanfaat bagi  perekonomian masyarakat setempat.

Kata kunci : minuman tradisional, loloh, bali

Published
2022-06-30
How to Cite
widuri, setyowati ayu and Arismayanti, N. K. (2022) “Pembuatan minuman tradisional loloh daun belimbing wuluh sebagai atraksi wisata kuliner alternatif di desa beraban, tabanan – bali”, Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 12(2), pp. 158-166. doi: 10.22334/jihm.v12i2.208.
Abstract viewed = 97 times
pdf downloaded = 96 times