Studi Netnografi: Dimensi Kepuasan Wisatawan Nusantara Terhadap Homestay di Ubud

  • I Wayan Adi Pratama Politeknik Internasional Bali, Bali, Indonesia
  • Ikhlas Ramadhan Politeknik Internasional Bali, Bali, Indonesia
DOI: https://doi.org/10.22334/jihm.v13i1.216
Abstract views: 637 , PDF (BAHASA INDONESIA) downloads: 534
Keywords: kepuasan wisatawan, loyalitas pengguna, homestay

Abstract

Dalam 20 tahun terakhir, pemanfaatan internet menjadi sebuah alat berkompetisi dan komunikasi telah disadari oleh praktisi dan akademisi. Pada industri pariwisata, internet menjadi media pemasaran yang efektif bagi perkembangan homestay permasalahan penelitian ini difokuskan pada dimensi kepuasan wisatawan dalam menggunakan homestay di Ubud melalui ulasan Google. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif berjenis netnografi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dimensi kepuasan wisatawan nusantara terhadap homestay di Ubud. Pengumpulan data dilakukan dalam bentuk observasi non-partisipan. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini diperoleh dari sumber data primer (langsung) dan sumber data sekunder (tidak langsung). Sumber data primer didapatkan peneliti melalui hasil wawancana mendalam bersama pemilik atau pengelola homestay. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh melalui kajian pustaka dan informasi berupa ulasan wisatawan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif model Spradley. Hasil penelitian menunjukkan aspek positif yang menciptakan kepuasan wisatawan nusantara dalam menggunakan homestay di Ubud adalah: (1) Harga menginap yang murah, (2) Pemilik dan keluarga penyedia homestay yang ramah, (3) Kamar homestay yang bersih, (4) Lingkungan homestay yang nyaman dan tenang, (5) Perhatian oleh pemilik homestay kepada tamu yang menginap, (6) Pengalaman berinteraksi dengan kebudayaan masyarakat lokal, dan (7) Lokasi homestay yang strategis. Studi netnografi menunjukkan bahwa aspek positif yang dirasakan menunjukkan adanya indikasi loyalitas pengguna homestay di Ubud yakni Repeat Purchase, Retention dan Referrals.

References

Aprilisya, N., Kerti Yasa, N., & Giantari, I. (2017). Peran Sikap Memediasi Pengaruh Pemasaran Hijau Terhadap Niat Beli Produk Ramah Lingkungan. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(4), 254624. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/download/27022/18218.

Bhaskara, G. I. (2018). Airbnb di Bali: Identifikasi Ulasan Online wisatawan Asing Melalui Metode Netnography. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 27–56. https://ojs.unud.ac.id/index.php/jumpa/article/download/40996/24854.

de Boer, J., & Schösler, H. (2016). Food and value motivation: Linking consumer affinities to different types of food products. Appetite, 103, 95–104. https://doi.org/10.1016/j.appet.2016.03.028.

Falgenti, K. (2015). Transformasi UKM ke bisnis online dengan internet marketing tools. Faktor Exacta, 4(1), 62–73. https://doi.org/10.30998/faktorexacta.v4i1.39.

Gani, A. G. (2018). Pengenalan Teknologi Internet Serta Dampaknya. JSI (Jurnal Sistem Informasi) Universitas Suryadarma, 2(2). https://doi.org/10.35968/jsi.v2i2.49.

Harimurti, F. (2006). Manfaat Internet Bagi Auditor. Jurnal Akuntansi Dan Sistem Teknologi Informasi, 5(1). http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/125.

Herlina, R., Susana, E., Widiastuti, N., & Rahmayani, R. (2019). Manfaat Internet Corporate Sebagai Media Relations Hotel Java Retro & Suites. JURNAL ABDIMAS BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 32–39. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.4917.

Herman, H., & Yakub, Y. (2010). Kajian Tentang Perkembangan E-Business Terhadap Praktik Bisnis. CommIT (Communication and Information Technology) Journal, 4(2), 86–89. https://doi.org/10.21512/commit.v4i2.540.

Hoffman, D. L., & Novak, T. P. (1996). Marketing in hypermedia computer-mediated environments: Conceptual foundations. Journal of Marketing, 60(3), 50–68. https://doi.org/10.1177/002224299606000304.

Isman, I., Patalo, R. G., & Pratama, D. E. (2020). Pengaruh sosial media marketing, ekuitas merek, dan citra destinasi terhadap minat berkunjung ke tempat wisata. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 7(1), 30–36. https://journal.trunojoyo.ac.id/jsmb/article/view/7447.

Ivanov, A. E. (2012). The Internet‘s Impact on Integrated Marketing Communication. Procedia Economics and Finance, 3, 536–542. https://doi.org/10.1016/S2212-5671(12)00192-X.

Karam, M., & Ghazi, K. (2017). Guests’ Motives to Write Positive and Negative Hotel Reviews on Trip Advisor. Journal of Tourism & Hospitality, 6. https://doi.org/10.4172/2167-0269.1000283.

Lukito, R. B., Lukito, C., & Arifin, D. (2014). Penerapan Teknik SEO (Search Engine Optimization) Pada Website Dalam Strategi Pemasaran Melalui Internet. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(2), 1050–1058. https://doi.org/10.21512/comtech.v5i2.2363.

Maharani, D., Helmiah, F., & Rahmadani, N. (2021). Penyuluhan Manfaat Menggunakan Internet dan Website Pada Masa Pandemi Covid-19. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v1i1.130.

Muruganantham, G. (2015). Developing of E-Content Package by Using ADDIE Model. International Journal of Applied Research, 1(3), 52–54.

Nassaji, H. (2015). Qualitative and descriptive research: Data type versus data analysis. Language Teaching Research, 19(2), 129–132. https://doi.org/10.1177/1362168815572747.

Noor, M. F., Indriani, N., & Sukmana, E. (2020). Pembangunan Homestay Sebagai Fasilitas Pariwisata Penunjang Kesejahteraan Masyarakat Desa Budaya Pampang, Samarinda. Epigram, 17(2), 133–142. https://jurnal.pnj.ac.id/index.php/epigram/article/view/3460.

Persada, S. F., Miraja, B. A., & Nadlifatin, R. (2019). Understanding the Generation Z Behavior on D-Learning: A Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) Approach. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 14(05 SE-Papers), 20–33. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i05.9993.

Pitanatri, P. D. S., & Pitana, I. G. (2019). Challenging the Giants: Factors Contributing to Local Homestay Competitiveness in Ubud Bali. The Journal of Social Sciences Research, 5(3), 796–802. https://ideas.repec.org/a/arp/tjssrr/2019p796-802.html.

Riyanto, A. D. (2015). Pembuatan Website Sebagai Media Promosi Yang Terpercaya. In Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF). http://103.23.20.161/index.php/semnasif/article/view/1362.

Rusi, I. (2019). Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Mempertimbangkan Jenis Kelamin. Jurnal Bisnis Teori Dan Implementasi, 10(1). https://doi.org/10.18196/bti.101116.

Siregar, L. Y., & Nasution, M. I. P. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Peningkatan Bisnis Online. HIRARKI: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 71–75. https://journal.upp.ac.id/index.php/Hirarki/article/download/331/171.

Situmorang, J. R. (2012). Pemanfaatan internet sebagai new media dalam bidang politik, bisnis, pendidikan dan sosial budaya. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1). https://journal.unpar.ac.id/index.php/JurnalAdministrasiBisnis/article/view/418/402.

Vaismoradi, M., Jones, J., Turunen, H., & Snelgrove, S. (2016). Theme development in qualitative content analysis and thematic analysis. Journal of Nursing Education and Practice, 6(5). https://doi.org/10.5430/jnep.v6n5p100.

Werdani, R. E., Kurniawati, N. I., Sukoco, J. B., Windriya, A., & Iskandar, D. (2020). Pelatihan pemasaran produk homemade melalui sosial media. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 1–5. http://www.jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/JPPM/article/view/4655.

Widiyanto, I., & Prasilowati, S. L. (2015). Perilaku pembelian melalui internet. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 17(2), 109–122. https://doi.org/10.9744/jmk.17.2.109-122.

Wilianto, & Kurniawan, A. (2018). Sejarah, Cara Kerja dan Manfaat Internet of Things. Jurnal MATRIX, 8(2), 36–41. https://doi.org/10.31940/matrix.v8i2.818.

Winarno, K. (2015). Memahami Etnografi Ala Spradley. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi), 1(2). https://doi.org/10.18784/smart.v1i2.256.

Yuliana, O. (2000). Penggunaan teknologi internet dalam bisnis. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 2(1), 36–52. https://doi.org/10.9744/jak.2.1.pp.%2036-52.

Yulianto, Y., Alfiah, F., Harahap, E. P., Pahad, B. A., Andriyanto, A., Azhari, I. A., & Saputra, R. S. (2015). Analisa Peranan Teknologi Internet Sebagai Media Transaksi E-Commerce Dalam Meningkatkan Perkembangan Ekonomi. Semnasteknomedia Online, 3(1), 4–1. http://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/827.

Yustiani, R., & Yunanto, R. (2017). Peran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis Di Era Teknologi Informasi. Komputa: Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 6(2), 43–48. https://doi.org/10.34010/KOMPUTA.V6I2.2476.

Published
2022-12-12
How to Cite
Pratama, I. W. A. and Ramadhan, I. (2022) “Studi Netnografi: Dimensi Kepuasan Wisatawan Nusantara Terhadap Homestay di Ubud”, Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 13(1), pp. 26-33. doi: 10.22334/jihm.v13i1.216.
Section
Articles
Abstract viewed = 637 times
PDF (BAHASA INDONESIA) downloaded = 534 times