Gaya Kepemimpinan General Manager dalam Meningkatkan Kualitas Makanan Karyawan dengan Tetap Mempertahankan Standard Food and Beverage Cost

  • I Putu Arnawa Politeknik Pariwisata Bali, Badung, Indonesia
  • Ketut Sudarsana Politeknik Pariwisata Bali, Badung, Indonesia
  • Rahayu Politeknik Pariwisata Bali, Badung, Indonesia
  • Anastasia Amanda Politeknik Pariwisata Bali, Badung, Indonesia
  • I Gede Yoga Dana Saputra Politeknik Pariwisata Bali, Badung, Indonesia
DOI: https://doi.org/10.22334/jihm.v13i1.231
Abstract views: 160 , PDF (BAHASA INDONESIA) downloads: 94
Keywords: gaya kepemimpinan, general manager, kualitas makanan karyawan, employee meal, food and beverage cost

Abstract

Salah satu indikator tercapainya pemenuhan hak-hak karyawan yang baik adalah dengan diperhatikannya kualitas makanan dan minuman yang disajikan oleh pihak manajemen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi pengaruh gaya kepemimpinan mana yang paling baik diterapkan oleh seorang General Manager dalam meningkatkan kualitas makanan karyawan (employee meal) sesuai dengan Standard Food and Beverage Cost yang berlaku. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan cara mengumpulkan berbagai referensi yang ditemukan dari hotel X, buku, jurnal daring, dan internet mengenai data yang dibutuhkan, kemudian dipaparkan dalam bentuk teks secara deskriptif serta ditampilkan dalam tabel. Data dikumpulkan menjadi satu kesatuan, kemudian dianalisis dan diklasifikasi dalam rangka mencari pertimbangan. Proses analisis data dilakukan secara terperinci dengan melibatkan identifikasi data. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwasanya persentase manajemen hotel dalam memberikan makanan yang berkualitas, baik itu sehat dan bergizi bagi karyawannya masih tergolong rendah. Adapun gaya kepemimpinan yang paling baik untuk mengatasi masalah tersebut ialah gaya kepemimpinan demokratis, dimana seorang General Manager    harus mau dan mampu untuk mempertimbangkan segala macam masukan dari bawahannya dalam rangka evaluasi dan perkembangan bersama. Sekaligus, dengan adanya gaya kepemimpinan ini diharapkan General Manager sebagai pimpinan puncak dapatmemberikan solusi terbaik dengan menyesuaikan dan merencanakan budget atau anggaran operasional hotel yang sesuai, akan tetapi dengan tanpa mengurangi perhatian terhadap kesejahteraan karyawannya terutama dalam segi pemenuhan makanan dan minuman karyawan yang berkualitas.

References

Aditya, D. N. R., & Ardana, K. (2016). Pengaruh Iklim Organisasi, Kepemimpinan Transformasional, Self Efficacy Terhadap Perilaku Kerja Inovatif. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(3), 1801–1830. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/download/17445/13158.

Andriyanti, N. P. V., & Supartha, I. W. G. (2021). Effect Of Perceived Organizational Support On Organizational Citizenship Behavior With Job Satisfaction As Mediating Variables. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(1), 46–55. https://www.ajhssr.com/wp-content/uploads/2021/01/H215014655.pdf.

Arokiasamy, A. R. A., Abdullah, A. G. K. bin, & Ismail, A. (2015). Correlation between Cultural Perceptions, Leadership Style and ICT Usage by School Principals in Malaysia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 176, 319–332. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.478.

Asbari, M., Santoso, P. B., & Purwanto, A. (2019). Pengaruh Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Perilaku Kerja Inovatif pada Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(1), 7–15. https://doi.org/10.33884/jimupb.v8i1.1562.

Brown, N. A., Rovins, J. E., Feldmann-Jensen, S., Orchiston, C., & Johnston, D. (2019). Measuring disaster resilience within the hotel sector: An exploratory survey of Wellington and Hawke’s Bay, New Zealand hotel staff and managers. International Journal of Disaster Risk Reduction, 33, 108–121. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2018.09.014.

Dalimunthe, H. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan Usaha Pembungkusan Garam Konsumsi. JKBM (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), 5(1), 53–62. https://doi.org/10.31289/jkbm.v5i1.1790.

Darmawati, A., & Indartono, S. (2015). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(2), 49–64. https://doi.org/10.21831/jim.v13i1.22220.

De Jong, J., & Den Hartog, D. (2010). Measuring Innovative Work Behaviour. Creativity and Innovation Management, 19(1), 23–36. https://doi.org/10.1111/j.1467-8691.2010.00547.x.

Dieguez, T., Ly, N. T., Ferreira, L. P., & Silva, F. J. G. D. (2021). Digital customer network strategy influences on Hotel Business. In International Conference Innovation in Engineering, 420–431. https://doi.org/10.1108/TR-03-2017-0064.

Dinata, M. F., Bachri, A. A., & Rahmawati, R. (2018). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening Studi Pada Staff Administrasi Umum Dan Keuangan Rumah Sakit Islam Banjarmasin. Jurnal Wawasan Manajemen, 6(2), 152–167. https://jwm.ulm.ac.id/id/index.php/jwm/article/download/149/150.

Ezzaouia, I., & Bulchand-Gidumal, J. (2020). Factors influencing the adoption of information technology in the hotel industry. An analysis in a developing country. Tourism Management Perspectives, 34, 100675. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2020.100675.

Ilhami, R. S., & Rimantho, D. (2017). Penilaian Kinerja Karyawan dengan Metode AHP dan Rating Scale. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 16(2), 150. https://doi.org/10.25077/josi.v16.n2.p150-157.2017.

Iqbal, N., Anwar, S., & Haider, N. (2015). Effect of leadership style on employee performance. Arabian Journal of Business and Management Review, 5(5), 1–6. https://doi.org/10.4172/2223-5833.1000146.

Jeou-Shyan, H., Hsuan, H., Chih-Hsing, L., Lin, L., & Chang-Yen, T. (2011). Competency analysis of top managers in the Taiwanese hotel industry. International Journal of Hospitality Management, 30(4), 1044–1054. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2011.03.012.

Julianry, A., Syarief, R., & Affandi, M. J. (2017). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Serta Kinerja Organisasi Kementerian Komunikasi dan Informatika. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 3(2). https://doi.org/10.17358/JABM.3.2.236.

Kanter, R., Reyes, M., Vandevijvere, S., Swinburn, B., & Corvalán, C. (2019). Anticipatory effects of the implementation of the Chilean Law of Food Labeling and Advertising on food and beverage product reformulation. Obesity Reviews, 20, 129–140. https://doi.org/10.1111/obr.12870.

Khikmah, N. (2020). Manajemen Sarana Dan Prasarana Untuk Mengembangkan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3, 123–130. https://doi.org/10.17977/um027v3i22020p123.

Köseoglu, M. A., Altin, M., Chan, E., & Aladag, O. F. (2020). What are the key success factors for strategy formulation and implementation? Perspectives of managers in the hotel industry. International Journal of Hospitality Management, 89, 102574. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2020.102574.

Kraak, V. I., Vandevijvere, S., Sacks, G., Brinsden, H., Hawkes, C., Barquera, S., & Swinburn, B. A. (2016). Progress achieved in restricting the marketing of high-fat, sugary and salty food and beverage products to children. Bulletin of the World Health Organization, 94(7), 540. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4933136.

Kumar, S. (2005). Resource use and waste management in Vietnam hotel industry. Journal of Cleaner Production, 13(2), 109–116. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2003.12.014.

Lukman, L., Lian, B., & Sari, A. P. (2020). The Influence of Principal’s Leadership and Work Motivation toward Teacher’s Performance. International Journal of Progressive Sciences …, Vol. 22 No, 378.

Marhanah, S., & Wahadi, W. H. (2016). Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta. Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure, 13(1). https://doi.org/10.17509/jurel.v13i1.2134.

Ningsih, F. R., & Arsanti, T. A. (2014). Pengaruh Job Satisfaction terhadap OCB dan Turnover Intention. BENEFIT Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 18(1), 41–48. https://doi.org/10.23917/benefit.v18i1.1388.

Nurdin, F., Ihsan, M., Rahmawati, I., & Lestari, H. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi Terhadap Perilaku Kerja Inovatif Guru Di SMA Swasta Se-Kecamatan Pamijahan Bogor. Indonesian Journal of Science, 1(2), 99–105. https://doi.org/10.1234/jsi.v1i2.8.

Oberer, B., & Erkollar, A. (2018). Leadership 4.0: Digital Leaders in the Age of Industry 4.0. International Journal of Organizational Leadership, 7(4), 404–412. https://doi.org/10.33844/ijol.2018.60332.

Ratmini, N. A., Natajaya, I. N., & Sunu, I. G. K. A. (2019). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Organisasi, Iklim Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 91–100. https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2795.

Ronquillo, J. C., Popa, A., & Willems, J. (2021). Toward an Understanding of the Role of Human Resources in Cultivating a Climate for Innovation in Nonprofit and Public Organizations. Voluntas, 32(5), 1126–1138. https://doi.org/10.1007/S11266-021-00325-X.

Scott, C., Hawkins, B., & Knai, C. (2017). Food and beverage product reformulation as a corporate political strategy. Social Science & Medicine, 172, 37–45. https://doi.org/10.1016/j.socscimed.2016.11.020.

Siagian, T. S., & Khair, H. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 1(1), 59–70. https://doi.org/10.30596%2Fmaneggio.v1i1.2241.

Slåtten, T. (2014). Determinants and effects of employee’s creative self-efficacy on innovative activities. International Journal of Quality and Service Sciences. https://doi.org/10.1108/IJQSS-03-2013-0013.

Takdir, S., & Ali, M. (2020). Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behaviors (OCB). Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 6(1), 9–16. https://doi.org/10.35906/jm001.v6i1.458.

Tambunan, D., & Nainggolan, E. (2013). Gaya Kepemimpinan Kepala Ruangan dan Produktifitas kerja perawat Pelaksana di Instansi rawat inap RS HKBP Balige. Jurnal Keperawatan HKBP Balige, 1(1). http://www.akperhkbp.ac.id/wp-content/uploads/2013/07/Jurnal-Keperawatan-Akper-HKBP-Balige-Vol-1-No-1.pdf#page=95.

Van Wyk, B. E. (2011). The potential of South African plants in the development of new food and beverage products. South African Journal of Botany, 77(4), 857–868. https://doi.org/10.1016/j.sajb.2011.08.003.

Wardhani, D. T., & Gulo, Y. (2017). Pengaruh Iklim Organisasi, Kepemimpinan Transformasional, Self Efficacy Terhadap Perilaku Kerja Inovatif. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 19(1), 212–217. https://doi.org/10.34208/jba.v19i1a-3.287.

Yanuar Mufti, M., Sri Pudjiarti, E., & Darmanto, S. (2019). Analysis of Second Order Person-Environment Fit on Innovative Work Behavior and Individual Performance. Arthatama Journal of Business Management and Accounting, 3(2), 100–113. https://arthatamajournal.co.id/index.php/home/article/view/30.

Published
2022-12-12
How to Cite
Arnawa, I. P., Sudarsana, K., Rahayu, Amanda, A. and Saputra, I. G. Y. D. (2022) “Gaya Kepemimpinan General Manager dalam Meningkatkan Kualitas Makanan Karyawan dengan Tetap Mempertahankan Standard Food and Beverage Cost”, Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 13(1), pp. 18-25. doi: 10.22334/jihm.v13i1.231.
Abstract viewed = 160 times
PDF (BAHASA INDONESIA) downloaded = 94 times