Model Resiliensi Pelaku Bisnis Sektor Pariwisata Kabupaten Banyuwangi Selama Pandemi Covid-19

  • Ahmadintya Anggit Hanggraito Politeknik Negeri Banyuwangi, Banyuwangi, Indonesia
  • Indira Nuansa Ratri Politeknik Negeri Banyuwangi, Banyuwangi, Indonesia
  • Esa Riandy Cardias Politeknik Negeri Banyuwangi, Banyuwangi, Indonesia
DOI: https://doi.org/10.22334/jihm.v13i1.237
Abstract views: 282 , PDF (BAHASA INDONESIA) downloads: 232
Keywords: resiliensi, pelaku bisnis, manajemen krisis, pandemi Covid-19

Abstract

Pada triwulan pertama tahun 2020, pandemi covid-19 menggempur berbagai sektor yang ada di dunia. Sektor pariwisata merupakan salah satu yang merasakan dampak negatif dari adanya masa krisis ini. Kawasan Asia dan Pasifik mengalami penurunan kedatangan sebesar 82% pada Januari-Oktober 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji model resiliensi yang dilakukan oleh para pelaku bisnis pariwisata di Kabupaten Banyuwangi selama pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan Forum Group Discussion, wawancara mendalam dan studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat dua faktor utama dalam mendukung model resiliensi dari pelaku bisnis di Kabupaten Banyuwangi selama pandemi Covid-19. Kedua faktor itu adalah 1) pengelolaan internal bisnis; dan 2) kebijakan pemerintah daerah. Pengelolaan internal bisnis ditunjukkan dengan strategi bisnis dari pengusaha, dan peralihan pekerjaan dari pemilik bisnis atau subsektor dibawah bisnis itu sendiri. Sedangkan, kebijakan pemerintah daerah mendukung proses pemulihan ekonomi di masa krisis pandemi Covid-19.

References

Bonanno, G. A., Galea, S., Bucciarelli, A., & Vlahov, D. (2007). What Predicts Psychological Resilience After Disaster? The Role of Demographics, Resources, and Life Stress. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 75(5), 671–682. https://doi.org/10.1037/0022-006X.75.5.671

Boudreaux, B. (2005). Exploring A Multi-Stage Model Of Crisis Management: Utilities, Hurricanes, And Contigency. In Thesis. University Of Florida.

BPS Kabupaten Banyuwangi. (2022a). Perkembangan Jasa Akomodasi Banyuwangi Agustus 2022 (Issue 008).

BPS Kabupaten Banyuwangi. (2022b). Perkembangan Jasa Akomodasi Banyuwangi Desember 2021. 27, 2–7.

BPS Kabupaten Banyuwangi. (2022c). Pertumbuhan Ekonomi Banyuwangi 2021 (Issue 07).

Capuano, R., Altieri, M., Bisecco, A., D’Ambrosio, A., Docimo, R., Buonanno, D., Matrone, F., Giuliano, F., Tedeschi, G., & Santangelo, G. (2020). Psychological consequences of COVID-19 pandemic in Italian MS patients: A surprising resilience. Journal of Neurology, 268(3), 743–750. https://doi.org/10.1007/s00415-020-10099-9

Dewi, D. N., Wibisono, S., & Muslihatinningsih, F. (2022). Transformasi Sosial Ekonomi Pelaku Usaha Di Taman Nasional Alas Purwo Kabupaten Banyuwangi Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi Ekuilibrium, 6(1), 1–12.

Fernández-Cavia, J., Díaz-Luque, P., Huertas, A., Rovira, C., Pedraza-Jimenez, R., Sicilia, M., Gómez, L., & Míguez, M. I. (2013). Destination brands and website evaluation: A research methodology. Revista Latina de Comunicacion Social, 68, 622–638. https://doi.org/10.4185/RLCS-2013-993en

Hanggraito, A. A., & Sanjiwani, N. M. G. (2020). Tren Segmentasi Pasar dan Perilaku Wisatawan Taman Bunga Amaryllis di Era 4.0. Journal of Tourism and Creativity, 4(1), 43. https://doi.org/10.19184/jtc.v4i1.14476

KabarBwi. (2022). Banyuwangi Kembangkan Batik dari Hulu ke Hilir Lewat Batik Festival 2022. https://banyuwangikab.go.id/berita/banyuwangi-kembangkan-batik-dari-hulu-ke-hilir-lewat-batik-festival-2022

Kadirya, A. (2012). Analisis Manajemen Krisis (Studi Kasus : Pengelolaan Krisis oleh Humas Bank Indonesia pasca disahkannya Undang-Undang OJK).

Kasali, R. (2003). Manajemen Public Relations Konsep dan Aplikasi. Pustaka Utama Grafiti.

Kemenparekraf. (2021). Laporan Harian Pemantauan Penanganan Covid-19 di Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Issue September).

Kominfo. (2021). Mulai 3 Juli, Pemerintah Berlakukan PPKM Darurat di Jawa-Bali. https://www.kominfo.go.id/content/detail/35388/mulai-3-juli-pemerintah-berlakukan-ppkm-darurat-di-jawa-bali/0/berita

Kusuma, N. A. P., Suprihanto, J., & Ahimsa-Putra, H. S. (2020). Membangun Promosi Pariwisata Melalui Regram Studi Akun Instagram @Indtravel. Jurnal Kawistara, 10, 378–390. https://doi.org/ 10.22146/kawistara. 59146

Marpaung, A. M., Hadi, C. S., & Marpaung, B. S. (2022). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Kegiatan Usaha Sektor Pariwisata dan Angkatan Kerja di kota Bogor. JIPKES, 3(2), 71–76. https://doi.org/10.374/jipkes.v3i2.1445

Merdeka. (2020). Liburan Sehat ke Banyuwangi, Coba Nikmati Paket Staycation. https://www.merdeka.com/peristiwa/liburan-sehat-ke-banyuwangi-coba-nikmati-paket-staycation.html

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif : buku sumber tentang metode metode baru. Penerbit Universitas Indonesia (UI -Press).

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Muchammad, E. B., Kurniawati, E., & Rozakiyah, D. S. (2021). Resiliensi Pelaku Wisata Masyarakat Desa Ngadas dalam. Sosietas Jurnal Pendidikan Sosiologi, 11(2), 1051–1060.

Nafiati, D. A., & Mulyani, E. S. (2020). Resiliensi Usaha MIkro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Kebijakan Pemerintah di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Utilitas, 6(2), 1–8. https://doi.org/10.22236/utilitas.v6i2.5250

Putra, M. S. P., & Astawa, I. N. D. (2022). Profil industri pariwisata dan ekonomi kreatif provinsi bali. Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 12(2), 234–248. https://doi.org/10.22334/jihm.v12i2.213

Rahmanisa, R., Rahmat, H. K., Cahaya, I., Annisa, O., & Pratiwi, S. (2021). Strategi Mengembangkan Resiliensi Individu di Tengah Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Islamic Art Therapy. Journal of Contemporary Islamic Counselling, 1(1), 39–52. http://alisyraq.pabki.org/index.php/jcic/article/view/60

Revich, K., & Chatte, A. (2002). The resilience factor : 7 essential skills for overcoming life’s inevitable obstacles. Broadway Books.

Sapta, I. K. S., & Landra, N. (2018). Bisnis Pariwisata. In CV. Noah Aletheia (Vol. 1, Issue Juli). CV. Noah Aletheia. http://perpus.univpancasila.ac.id/repository/EBUPT190173.pdf

Soehardi, S., Permatasari, D. A., & Sihite, J. (2020). Pengaruh Pandemik Covid-19 Terhadap Pendapatan Tempat Wisata dan Kinerja Karyawan Pariwisata di Jakarta. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.216

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kualitatif dan R and D. In Bandung: Alfabeta. Alfabeta.

Teegavarapu, S., Summers, J. D., & Mocko, G. M. (2008). Case study method for design research: A justification. Proceedings of the ASME Design Engineering Technical Conference, 4(January), 495–503. https://doi.org/10.1115/DETC2008-49980

UNWTO. (2020). International tourism expected to decline over 70 % in 2020, back to levels of 30 years ago. In World Tourism Barometer (Vol. 18, Issue 7). https://www.e-unwto.org/doi/epdf/10.18111/wtobarometereng.2020.18.1.7

Yulliana, E. A. (2021). Diplomasi Budaya melalui Nation Branding Wonderful Indonesia di Era New Normal Tourism. Global and Policy Journal of International Relations, 9(1), 51–62. https://doi.org/10.33005/jgp.v9i1.2409

Published
2022-12-24
How to Cite
Hanggraito, A. A., Ratri, I. N. and Cardias, E. R. (2022) “Model Resiliensi Pelaku Bisnis Sektor Pariwisata Kabupaten Banyuwangi Selama Pandemi Covid-19”, Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 13(1), pp. 57-63. doi: 10.22334/jihm.v13i1.237.
Section
Articles
Abstract viewed = 282 times
PDF (BAHASA INDONESIA) downloaded = 232 times